Pages

Subscribe:

Labels

Thursday, December 15, 2011

Ada Danau Besar di Bulan Planet Jupiter


[PARIS] Sebuah danau yang besarnya sama dengan wilayah Amerika utara diyakini ditemukan di Europa, bulan bersinar yang mengelilingi planet Jupiter. Demikian dilaporkan ahli astronomi baru-baru ini.

Jika temuan ini benar, dengan dukungan misi robot kesana, akan sangat menarik. Karena keberadaan air menjadi kunci dari adanya kehidupan.

Gambar yang diperlihatkan dari pesawat Galileo yang melakukan eksplorasi dari 1995 hingga 2003 menunjukan adanya warna putih di permukaan Europa, bulan kedua yang berada dekat Jupiter, planet terbesar di tata surya.

Para ahli meyakini itu adalah kumpulan es. Dengan kondisi tersebut, ilmuwan memperkirakan adanya evolusi topografi yang mirip dengan proses di bumi.

Karena dibalik es besar yang mengambang, dibawah glasier, terdapat kegiatan vulkanik yang melumerkan es dan menjadikannya air.

Berdasarkan gambar ini diyakini, kalau ketebalan es di Europa mencapai 10 kilometer, dan di dalamnya ada kantong air besar dengan kedalaman mencapai tiga kilometer.

Keberadaan air hangat di tengah permukaan danau membuat es menjadi retak dan pecah. Es pecah ini akan menjadi prospek kehidupan, karena akan mengirimkan energi dan nutrisi diantara permukaan danau es.

“Ada opini di kalangan komunitas ilmuwan, kalau es ini sangat tebal, maka tak bagus untuk kehidupan,” ungkap Britney Schmidy seorang geofisikis dari Universitas Texas di Austin yang memimpin penemuan. “Sekarang kami melihat bukti, meski esnya sangat tebal, namun bisa bercampur dengan dahsyat. Ini yang membuat Europa bisa menjadi lingkungan hidup”.

Ilmuwan juga sudah meneliti es yang berada di permukaan bulan dari planet yang mengandung gas, Saturnus. Bulan Enceladus diyakini memiliki laut yang asin diantara batuan dan esnya. [AFP/L-9] 

0 comments:

Post a Comment