Pages

Subscribe:

Labels

Saturday, December 10, 2011

Robot Telah Siap Lakukan Tugas Manusia

robot mit


Robot buatan MIT yang mampu melakukan tugas manusia (foto: MIT)

CAMBRIDGE - Perkembangan robot semakin canggih dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Bahkan perkembangannya, robot kini mampu melakukan tugas rumit yang bisa dilakukan oleh manusia.



Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di Cambridge, mengatakan bahwa algoritma baru dan kemampuan komputasi telah ditanamkan dalam robot mereka dan memungkinkan mesin diprediksi bisa melakukan serangkaian alur secara efisien melalui ruang terbuka.

Meskipun hal ini mungkin tampak sulit dilakukan, tapi robot memiliki waktu yang sangat sulit untuk melakukan hal tersebut. Jika mesin humanoid (bersifat manusia) menaruh tangannya di atas meja pada saat berlutut di bawah permukaan meja untuk menjangkau dan meraih cangkir, maka ini akan menjadi tontonan yang sangat menarik dan lucu bagi kita.

Perintah yang saling bertentangan dengan pembacaan lingkungan tersebut membuat mesin sedikit gagap untuk beberapa detik terakhir, sampai akhirnya robot mengerti apa tindakan yang seharusnya dilakukan. Tim MIT mengembangkan metode yang memungkinkan mesin untuk melakukan kedua pertentangan ini secara terus-menerus, efisien dan cepat. Demikian seperti dikutip Softpedia, Kamis (22/9/2011).

Pada titik ini, pergerakan besar atau perencanaan algoritma dipasang di robot yang terfokus untuk menghindari terjadinya benturan dengan rintangan yang ada pada lingkungan robot. Tapi para peneliti Amerika Serikat (AS) sekarang telah membuat dua algoritma inovatif untuk melakukan tugas ini.

Tim ahli MIT terdiri dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) dan Laboratory for Information and Decision Systems (LIDS). Terobosan yang paling penting adalah memperkenalkan efisiensi perencanaan tanpa mengorbankan keselamatan.

Rincian prestasi yang luar biasa akan disajikan akhir bulan ini di Institut Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) pada International Conference on Intelligent Robots and Systems.

"Anda akan mengharapkan (robot) untuk menjalankan beberapa bentuk kegiatan yang optimal. Masalah yang sering ditemui adalah perencana gerakan yang baik, sementara itu robot sangat baik dalam menemukan solusi untuk sistem yang sangat kompleks. Namun mereka tidak terlalu baik untuk menemukan jalur yang optimal," jelas Matius Walter, peneliti CSAIL sekaligus rekan penulis penelitian ini.

Pada saat ini, kelompok MIT sedang mempersiapkan upaya untuk mulai mengoptimalkan sistem, meningkatkan kecepatan di mana ada dua algoritma dapat menghasilkan suatu hal yang benar. Sering kali, analis menjelaskan, melakukan hal itu adalah hanya masalah memperbaiki baris kode. (tyo)
Berita Terkait : robot
http://techno.okezone.com

0 comments:

Post a Comment