Pages

Subscribe:

Labels

Monday, January 9, 2012

Nih, Saingan Juke R Bertenaga Besar dari Inggris


Pennsylvania, KompasOtomotif - Keberhasilan Nissan Inggris menciptakan Juke R bertenaga 400 PS, ada yang gerah dan ingin menyainginya. Fox Marketing (FM), rumah modifikasi dari Amerika, membuat tandingan dengan tenaga yang sama, tetapi beda dalam penggarapannya. Proyek ini juga sebagai kado hari jadi FM ke-12.

Nissan Inggris mendongkrak tenaga Juke R menjadi "buas" dengan memasukkan jantung pacu GT-R, V6 dilengkapi turbo ganda yang disalurkan merata ke empat roda, sama seperti GT-R.

Lain lagi cara yang dilakukan FM. Mesin standar MR16DDT, 4 silinder segaris berkapasitas 1.6 liter yang semula mempunyai tenaga maksimum 190PS bisa didongkrak hingga 400 PS. Peningkatan signifikan itu berkat penggantian komponen standar dengan yang kompetisi. Tak cuma itu, turbo dan intercooler ikut ditingkatkan.

Tenaga sebesar itu harus ditunjang kaki-kaki yang kokoh serta daya cengkram optimal agar tidak terjadi pembuangan tenaga sia - sia (over spin) saat berakselerasi. Solusi dari FM memasang pelek 20 inci dengan ban bertapak lebar pada keempat roda. Pada setiap roda terpasang cakram berdiameter 14 inci lengkap dengan kaliper yang memuat 6 piston.

Jika Juke R Inggris mengesankan sosok "sangar" dengan bodi yang hitam, FM justru lebih memilih tampil trendi. Makanya, seluruh bodi dilaburi cat BASF Foxy Orange. Aerokits untuk menciptakan daya tekan maksimal seperti pada bemper depan, diffuser, serta spoiler atas belakang menempel pada bodi.

0 comments:

Post a Comment